Search This Blog

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI

Data, Informasi, dan Pengetahuan.

Sering terjadi kerancuan tentang pengertian data, informasi dan pengetahuan walaupun sama-sama merupakan sumber daya bagi organisasi, pengertian ketiganya tidak sama oleh karena itu perlu dipahami pengertian data, informasi dan pengetahuan (knowledge).

Jadi apapun yang berupa catatan tentang sesuatu objek dapat disebut data. Misalnya berat badan A adalah 60 kilo maka 60 kilo tersebut adalah data. Data di dalam dunia komputer dikenal dengan istilah data multimedia. Data multimedia ini pada dasarnya dapat dikelompokkan menjadi:
  • Data Teks.
Data ini berwujud alfanumeris, yaitu data yang terdiri dari karakter karakter A, B, C sampai Z, simbol bilangan 0, 1, 2 sampai 9, lalu karakter-karakter lain seperti ?,!,&,% dan lain sebagainya. Data-data ini, biasanya tersimpan dalam bentuk karakter ASCIL. Pada data teks, sekalipun berupa simbol bilangan, tidak bisa dilakukan operasi aritmatika. Jadi data-data ini tidak bisa ditambahkan, dikurangi, dan lain sebagainya.

  • Data Numeris.
Data numerik adalah data bilangan. Data bilangan disimpan dalam komputer menggunakan sistem biner, yaitu bilangan basis 2 dengan simbol 0 dan 1. Bilangan yang disimpan dengan cara nomor ini dapat dikenai operasi aritmatika. Penyimpanannya di dalam komputer biasanya menggunakan metode floating point single precision atau double precision. Komputer mampu menghitung dengan ketelitian sampai 15 hingga 1072 digit.

  • Data Gambar/Images.
Data ini berwujud gambar, baik foto, grafik dan lain sebagainya. Format penyimpanan gambar yang sering digunakan ialah format JPG (joint photographic expert group),  TIFF (tagget images file format) dan GIF (graphical interchange format). Format GIF menggunakan 8 bit. Format ini popular, terutama di dunia Internet, khususnya karena ukurannya yang kecil.

  • Data Video.
Data video adalah data gambar bergerak (filim). Format yang sering digunakan adalah MPEG (moving pictures Express Group). Format MPEG ini terus disempurnakan dari MPEG 1, MPEG 2, MPEG 3 dan seterusnya.

  • Data Audio
Data audio adalah data suara. Biasanya mempunyai format AVI, yaitu Audio Video Interleaved.

Sering juga format audio disimpan dengan bentuk MPEG.
Setelah mengulas jenis-jenis data, selanjutnya adalah informasi. Sebelumnya, kita perlu mengetahui definisi informasi.

Jadi segala sesuatu yang dapat dimanfaatkan sebagai dasar pengambilan keputusan pada dasarnya dapat kita kelompokan sebagai informasi. Dalam hubungannya antara data dengan informasi, diagram Venn yang paling cocok menggambarkan hubungan keduanya.

No comments:

Post a comment