Monday, 8 April 2019

Fungsi sistem informasi manajemen

Faktor yang mempengaruhi perkembangan SIM.


- Didalam pengembangan suatu SIM (Sistem Informasi Manajemen), ada banyak faktor yang mempengaruhi pengembangnya. Faktor-faktor inilah yang nantinya akan menentukan karakteristik SIM yang dibangun misalnya sentralisasi ataukah desentralisasi, tingkat keamanannya harus ketat ataukah seperlunya saja dan lain sebagainya. Suatu sistem informasi dapat dipandang sebagai suatu sistem yang terdiri atas 6 Blok pembentukan dan yang pengembangannya di pengaruhi oleh 10 faktor (Burch dan Grunidski, 1994). Faktor-faktor yang mempengaruhi tersebut adalah:

A. Integrasi
Pengembangan sistem harus mempertimbangkan tingkat integrasi yang sesuai bagi organisasi yang membutuhkan nya ada dua jenis tingkat integrasi yang bisa digunakan sebagai patokan yaitu:

1. Sistem yang tergandeng erat
Sistem yang terganteng(tightly couplen system) adalah suatu sistem yang basis datanya terkoneksi Rat contoh sistem yang harus terkoneksi adalah sistem penjualan ketika data transaksi penjualan direkam maka data stok harus dengan segera pada saat yang sama berubah berkurang sesuai dengan transaksi yang terjadi.

2. Sistem yang tergandeng lunak
Sistem yang terganteng lunak (loosely coupled sytem) adalah suatu sistem yang antara basis datanya tergandeng tidak secara Arab melainkan lunak contohnya ialah sistem akuntansi buku besar (general leader sytem). Ketika data-data transaksi di rekam sebagainya proses yang dilakukan adalah proses merekam data transaksi saja proses mengupdate buku besar yang intinya ialah proses menjumlah data transaksi hari ini yang terjadi dan menjumlahkan hasilnya ke catatan di buku besar yang ada dapat dilakukan sekaligus sehari satu kali pada sore hari sebelum tutup tokoh misalnya cara seperti ini akan lebih menghemat waktu daripada setiap kali dilakukan proses updating pada buku besar.

B. Format Tatap Muka Layar Tampilan.

Format tatap layar muka tampilan (user interface) tentu saja harus dibuat yang baik dan nyaman dan mudah digunakan. Namun demikian perlu diperhitungkan siapa pemakainya. Apabila pemakaiannya adalah manajemen tingkat atas, dalam sistem informasi eksekutif misalnya, maka format layar tampilan yang lengkap pilihannya dan cepat waktu tanggapannya adalah yang dikehendaki. Namun untuk pemakaian tingkat operator masalah kemudahan pemakaian adalah faktor yang penting diperhatikan.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home