Skip to main content

Pengertian manajemen

Pengertian Proses Manajem.

Proses manajemen didefinisikan sebagai aktivitas-aktivitas:

Perencanaan, formulasi terinci untuk mencapai suatu tujuan akhir tertentu adalah aktivitas manajemen yang disebut perencanaan. Oleh karenanya, perencanaan mensyaratkan penetapan tujuan dan identifikasi metode untuk mencapai tujuan tersebut.

Pengendalian, perencanaan hanyalah setengah dari pertempuran. Setelah suatu rencana dibuat, rencana tersebut harus diimplementasikan, dan manajer serta pekerja harus memonitor pelaksanaannya untuk memastikan rencana tersebut berjalan sebagaimana mestinya. Aktivitasmanajerial untuk memonitor pelaksanaan rencana dan melakukan tindakan korektifsesuai kebutuhan, disebut kebutuhan.

Pengambilan Keputusan, proses pemilihan di antara berbagai alternative disebut dengan proses pengambilan keputusan. Fungsi manajerial ini merupakan jalinan antara perencanaan dan pengendalian. Manajer harus memilih di antara beberapa tujuan dan metode untuk melaksanakan tujuan yang dipilih. Hanya satu dari beberapa rencana yang dapat dipilih. Komentar serupa dapat dibuat berkenaan dengan fungsi pengendalian.

Menurut Francisco Proses Manajemen adalah suatu proses Penukaran terhadap nilai dan jasa.

Comments

Popular posts from this blog

Sistem Informasi Manajemen Pada Era Globalisasi

Sistem Informasi Manajemen Pada Era Globalisasi.

BAB 1 PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Seiring perkembagan zaman (globalisasi) mempengaruhi segala bidang. Seperti perubahan ekonomi secara global, perubahan ekonomi industrial, perubahan perusahaan, perubahan teknologi komunikasi yang kian canggih. Perkembangan teknologi itu sendiri berpengaruh pada perkembangan sistem informasi manajemen yang sangat signitifikan dalam pola pengambilan keputusan yang diambil oleh manajemen.
Perubahan dan perkembangan teknologi yang kian cepat dan canggih itulah yang menyebabkan perubahan – perubahan peran manajer untuk mengambil keputusan. Yang  mendorong para pemimpin untuk selalu mengetahui perkembangan informasi yang terkini yang digunakan dalam proses pengambilan keputusan dan menuntut manajemen dunia usaha untuk dapat beroperasi lebih efektif, efisien dan terkendali dengan mengedepankan keunggulan bersaing baik tingkat local maupun global melalui peningkatan kualitas sumberdaya manusia, barang dan j…
Fungsi manajemen.
     Manajemen adalah suatu tim yang disusun dalam organisasi untuk menjadi pengendali organisasi untuk mencapai tujuan-tujuan dan sasaran-sasaran yang hendak dicapai oleh organisasi. Manajemen didalam organisasi biasanya di bagi dalam 3 tingkatan. Pembagian 3 tingkatan tersebut disebabkan adanya 3 macam tujuan atau sasaran yang hendak dicapai oleh organisasi.ketiga tingkatan tersebut adalah manajemen tingkat atas,manajemen tingkat menengah dan manajemen tingkat bawah.       Sebutan yang biasa digunakan untuk pejabat manajemen tingkat ialah direktur. Pelakunya disebut "Director" yang dalam bahasa indonesia ditulis direktur. Dan sebutan lain yang juga biasa digunakan adalah "Presiden". Pejabat wakil direktur atau wakil presiden juga termasuk dalam tingkatan manajemen ini. Dan menejem tingkat bawah ada kepala regu misalnya. Apa pun sebutanya pada dasarnya ada tiga tingkatan manajemen karena sasaran yang ingin dicapai ada tiga buah.
Tujuan dan sifat m…

Fungsi sistem informasi manajemen

Faktor yang mempengaruhi perkembangan SIM.


- Didalam pengembangan suatu SIM (Sistem Informasi Manajemen), ada banyak faktor yang mempengaruhi pengembangnya. Faktor-faktor inilah yang nantinya akan menentukan karakteristik SIM yang dibangun misalnya sentralisasi ataukah desentralisasi, tingkat keamanannya harus ketat ataukah seperlunya saja dan lain sebagainya. Suatu sistem informasi dapat dipandang sebagai suatu sistem yang terdiri atas 6 Blok pembentukan dan yang pengembangannya di pengaruhi oleh 10 faktor (Burch dan Grunidski, 1994). Faktor-faktor yang mempengaruhi tersebut adalah:
A. Integrasi Pengembangan sistem harus mempertimbangkan tingkat integrasi yang sesuai bagi organisasi yang membutuhkan nya ada dua jenis tingkat integrasi yang bisa digunakan sebagai patokan yaitu:
1. Sistem yang tergandeng erat Sistem yang terganteng(tightly couplen system) adalah suatu sistem yang basis datanya terkoneksi Rat contoh sistem yang harus terkoneksi adalah sistem penjualan ketika data transak…